Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik


 , berpikir kritis adalah proses berpikir dengan menganalisis fakta-fakta untuk membentuk penilaian terhadap sesuatu. Dengan kata lain, berpikir kritis membutuhkan bukti-bukti mendukung agar suatu argumen bisa dipercaya.

Kegunaan dari berpikir kritis tidak hanya di bidang pendidikan saja, tetapi juga bisa diaplikasikan pada keseharian hidup, seperti beberapa contoh berikut:


1. Mengambil keputusan secara matang

Dihadapi alternatif-alternatif keputusan terkadang membuat hati gundah gulana. Berpikir kritis dapat membantu kamu mengambil keputusan terbaik berdasarkan data dan informasi mendukung.


Coba telaah informasi yang ada, lalu buatlah daftar kelebihan dan kelemahan masing-masing keputusan. 

Kebanyakan orang hanya menilai suatu situasi dari satu sisi saja, namun perilaku ini tidak mencerminkan sikap kritis. Dari hasil telaah tadi, kamu bisa menyimpulkan mana keputusan terbaik yang sebaiknya diambil.

2. Melakukan refleksi diri

Refleksi diri adalah menanyakan pada diri sendiri mengapa melakukan satu perbuatan pada satu situasi. Kamu mungkin pernah merasakan jantung berdetak kencang ketika berbicara di depan orang banyak, refleksi diri secara kritis dapat membantu meningkatkan kemampuan memahami informasi. Dengan begitu dapat menemukan jalan keluar atas permasalahan tersebut.

3. Manajemen waktu

Contoh berpikir kritis pada kehidupan sehari-hari terakhir adalah manajemen waktu. Seorang yang berpikir kritis akan mengelola waktunya dengan baik. Mereka membuat daftar prioritas untuk memudahkan pekerjaan. Ada kalanya mereka meninjau kembali alokasi waktu yang telah dibuat.

Sebagai contoh, kamu dapat memprioritaskan tugas-tugas yang memakan banyak waktu namun high return, dibandingkan tugas dengan waktu singkat namun low return.

Kunci emas dari berpikir kritis adalah bersifat objektif, yaitu sikap dimana kamu tidak boleh membiarkan emosi, asumsi pribadi dan bias mempengaruhi pola pikir

https://unusa.ac.id

Blog teman saya :https://gzunusalhauraamk.blogspot.com/2023/09/resume-perpustakaan-unusa-menangkan.html

https://pkkmb.unusa.ac.id/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi industri 4.0 dan society 5.0

Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka

Kesempatan sertifikasi mahasiswa