Tantangan dan peluang mahasiswa dalam revolusi industri 4.0 dan society 5.0


 Society 5.0 adalah visi masa depan yang digambarkan oleh Jepang yang menitikberatkan pada penerapan teknologi tinggi seperti IoT dan AI untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai sektor, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan membantu mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Salah satunya ialah Society 5.0 yang digagas oleh negara Jepang. Konsep ini memungkinkan kita menggunakan ilmu pengetahuan yang berbasis modern (AI, Robot, Iot) untuk kebutuhan manusia dengan tujuan agar manusia dapat hidup dengan nyaman.

 Dan Apa dampak Revolusi Industri 4.0 dan 5.0 terhadap dunia pendidikan?

Kehadiran revolusi industri 4.0 dan 5.0 memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan Indonesia. Salah satunya adalah adanya inovasi pembelajaran yang berbasis teknologi yang memudahkan siswa dalam belajar tanpa mengenal ruang,waktu dan tempat.2 

Secara umum, Industri 4.0 dan Society 5.0 memiliki prioritas yang berbeda. Industri 4.0 berfokus pada pengembangan industri untuk menggunakan teknologi guna mempermudah kehidupan masyarakat, sedangkan Society 5.0 berfokus pada penggunaan teknologi namun tetap mengandalkan manusia sebagai pemeran utamanya.

Dampak Positif Revolusi Industri 4.0


Selain mengurangi biaya produksi karena mengurangi penggunaan tenaga kerja, dengan menggunakan teknologi dapat meningkatkan hasil produksi. Dapat meningkatkan pendapatan nasional karena dapat memproduksi barang dalam waktu yang relatif singkat dengan kualitas yang baik.

https://pkkmb.unusa.ac.id/

https://unusa.ac.id

Blog teman saya:https://gzunusalhauraamk.blogspot.com/2023/09/resume-perpustakaan-unusa-menangkan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka

Kesempatan sertifikasi mahasiswa